Senin, 17 Maret 2014

Tanaman Obat-Inggu

INGGU


       Tanaman obat yang disebut Inggu ini yang memiliki fungsi paling kuat untuk pengobatan  adalah bagian daunnya. Dalam uji lab, daun Inggu memiliki fungsi untuk mengobati pusing kepala dengan  cara  direbus lalu airnya diminum.selain itu, daun Inggu juga bisa digunakan untuk fungsi desinfectant seperti air rebusannya diguanakn untuk mencucui luka dan menyembuhkan sakit kudis. Air rebusan Inggu sangat baik untuk mandi dan membersihkan wajah.

 Sedang fungsi analgetik Inggu ketika daunnya yang kering direbus dengan air dipakai untuk berkumur beberapa kali guna menghilangkan rasa sakit pada gigi yang sakit. Anak-anak yang mengalami demam dapat diminumi rebusan daun Inggu kering yang airnya disaring dan diminum. Bahkan air rebusan itu bisa mengurangi gejala masuk angin. Air rebusan Inggu juga baik untuk menghilangkan pegal-pegal
Sementara untuk mengobati sakit Lever daun Inggu 25 gram direbus dengan  15 gram brotowali dan 15 gram kunyit pada periuk dari tanah sampai airnya tinggal separuh. Minum air rebusan itu secara rutin tiga  kali sehari untuk menyembuhkan penyakit akibat gangguan pada lever (sakit kuning). Cara lain, setengah genggam daun inggu,direbus dengan tiga  gelas air sampai mendidih dan sisanya menjadi 1,5 gelas. Tambahkan gula  aren lalu diminum sehari 2 x ¾ gelas.

Cara Membuat Obat Alami Anti Ketombe dari Tumbuhan Inggu

    -Siapkan daun inggu sebanyak 3-5 helai
    -Rimpang kunyit sebanyak 1 ruas jari
    -Air bersih secukupnya
    -Semua bahan obat kemudian dipipis hingga bentuknya menyerupai pasta

Cara Untuk Mengobati Ketombe Dengan Tumbuhan Inggu
  •     Rambut dibasahi dengan air terlebih dahulu
  •     Kemudian kumuri dengan pasta yang kita buat tadi, dan garuklah ketombe dengan bantuan ujung jari tangan/sisir
  •     Jika ketombe sudah terkelupas, rambut bisa langsung dikeramas dengan sampo biasa, ulangi selama 4 hari/ samapai ketombe benar-benar hilang
 Khasiat untuk kesehatan untuk mengobati sakit :
Demam, influenza, batuk, radang paru, kejang pada anak, ayan, kecikutan, kolik, histeri, menghilangkan nyeri, seperti nyeri ulu hati, dada, dan hernia, hepatitis, haid tidak teratur, tidak datang haid, bisul, radang kulit bemanah, memar akibat terbentur benda keras, gigitan ular berbisa dan serangga, keracunan obat atau racun lain yang mematikan, radang vena, pelebaran pembuluh darah balik, dan cacingan. 

Kejang-kejang: Kompres, cuci muka atau mandi dengan rebusan daun inggu (sebagai obat penenang).
Kudis: Cuci luka dengan air rebusan daun inggu.
Sakit gigi: Daun inggu kering 2 – 4 gr direbus, airnya disaring, pakai untuk kumur beberapa kali.
Demam masuk angin: Daun inggu kering 2 – 4 gr direbus, airnya disaring, minum. Pegal pegal. Daun inggu kering 2 – 4 gr direbus, airnya disaring, minum.
SakitLever:  Daun inggu 25 g direbus bersama 15 g brotowali dan 10 g kunyit hingga airnya menjadi separonya. Minum secara rutin 3 kali sehari untuk  menyembuhkan gangguan lever (sakit kuning)atau, sepertiga genggam daun inggu,direbus, 3 gelas jadi 1,5 gelas. Tambahkan gula batu. Minum sehari 2 x ¾ gelas

Komposisi :
Kandungan kimia : minyak asiri mengandung metil-nonilketone sampai 90%, ketone, pinena, 1-limonena, cineol, asam rutinat, kokusaginin, edulinine, skimmianine, bergapten, graveoline, graveolinine, asam modic, rutin, rhamno glikosid, quersetin flavenol, xanthotoxin, sedikit tanin.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar